Inquiry letter adalah sebuah jenis
surat permintaan atau permohonan informasi tentang suatu produk, jasa, lowongan
pekerjaan atau informasi bisnis lainnya.
Pada umumnya fungsi umum dari surat
ini adalah untuk merespon suatu
periklanan dari sumber-sumber informasi seperti surat kabar, majalah atau media
elektronik tentang suatu produk/jasa saat kita tertarik dengan informasih yang
diperoleh tersebut.
Biasanya suart ini merupakan sebuah
langkah awal dalam membangun sebuah bisnis atau kerjasama dari dua pihak, yakni
penyedia produk/jasa dan pembeli produk/jasa tersebut.
Dalam surat ini, ada beberapa hal
yang di bahas oleh si penyedia jasa/produk yang merupakan pertanyaan dari
pembeli agar dapat membantu pembeli itu
sendiri untuk mengetahui informasi tentang produk/jasa tersebut. Hal-hal itu mencakup :
a. Nama dan jenis produk
b. Spesifikasi produk, yaitu; tipe,
ukuran, kualitas, kapasitas dan lain-lain;
c. Harga satuannya.
d. Potongan harga;
e. Cara pembayarannya dari pembeli
ke penjual;
f.
Cara penyerahan produk dari penjual ke pembeli, dan
g. Kemudahan yang mungkin diperoleh
pembeli, seperti garansi dan lain-lain.
Sumber : http://lukmancaresa.blogspot.com/2013/10/contoh-contoh-dari-inquiry-letter-order.html
No comments:
Post a Comment