Pemodelan
Sebelum kita mengetahui Pemodelan Grafik itu
apa? Kali ini akan membahas dahulu mengenai arti dan Pemodelan itu apa? Pemodelan adalah
membentuk suatu benda-benda atau obyek. Membuat dan mendesain obyek tersebut
sehingga terlihat seperti hidup. Sesuai dengan obyek dan basisnya, proses ini
secara keseluruhan dikerjakan di komputer. Melalui konsep dan proses desain,
keseluruhan obyek bisa diperlihatkan secara 3 dimensi, sehingga banyak yang
menyebut hasil ini sebagai pemodelan 3 dimensi (3D modelling).
Grafik
Sedangkan Arti dan pengertian
tentang Grafik itu sendiri adalah Grafik itu selalu identik dengan suatu
garis-garis, tanda, dan bentuk huruf. Grafik merupakan cara-cara membentuk
bentuk huruf, tanda serta gambar menggunakan proses pencetakan. Grafik juga di
definisikan sebagai suatu pembuatan, penyimpanan serta manipulasi model dan
citra.
Pemodelan Grafik adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang teknik
membuat sebuah objek, memanipulasi gambar dan membuat sebuah gambar dapat
terlihat seperti hidup (bergerak). Proses ini sepenuhnya dilakukan oleh
Komputer.
Desain pemodelan grafik sangat
berkaitan dengan grafik komputer dan pendesainannya. Pemodelan adalah proses
membentuk sketsa kasar suatu object yang nantinya akan dibuat dan di desain
sehingga terlihat seperti hidup dimana pengerjaannya dilakukan di komputer.
Perkembangan komputer grafis
memiliki dampak yang besar pada banyak jenis media dan telah merevolusi
industri di bidang animasi dan video game. Istilah komputer grafis telah
digunakan dalam arti luas untuk menggambarkan “segala sesuatu pada komputer
yang bukan berupa teks atau suara. Istilah komputer grafik banyak digunakan
pada berbagai jenis teknologi yang digunakan untuk membuat manipulasi gambar
pada gambar yang dihasilkan, representasi dan manipulasi data citra oleh
komputer.
Citra komputer grafik dapat
ditemukan di televisi, koran, dan lain-lain. Selain itu, grafis yang dibuat
dengan baik dapat digunakan dalam media seperti laporan, thesis, serta tugas
makalah. Untuk mendukung perkembangan ini telah banyak perangkat lunak yang
diciptakan untuk mendukung kinerja dari komputer grafis. Perangkat lunak
tersebut dikategorikan menjadi 3, yaitu untuk 2D, 3D, dan animasi grafis.
Karena teknologi berkembang pesat, yang banyak digunakan adalah perangkat 3D.
Tetapi tidak sedikit yang masih menggunakan perangkat komputer grafis 2D.
Aspek yang harus diperhatikan bila
membangun object adalah metode untuk mendapatkan atau membuat data yang
mendeskripsikan object, tujuan dari model, tingkat kerumitan, perhitungan
biaya, kesesuaian dan kenyamanan, serta kemudahan manipulasi model. Proses 3D
membutuhkan perancangan yang dibagi dengan beberapa tahapan untuk
pembentukannya. Seperti object apa yang ingin dibentuk sebagai object dasar,
metode pemodelan object 3D, pencahayaan dan animasi gerakan object sesuai
dengan urutan proses yang akan dilakukan.
Yang berkaitan dengan grafik komputer, yaitu :
1. modelan Geometris :
menciptakan model matematika dari object-object 2D dan 3D.
2. Rendering : memproduksi
citra yang lebih solid dari model yang telah dibentuk.
3. Animasi : menetapkan
kembali tingkah laku object bergantung waktu.
Langkah-langkah Pemodelan Grafik:
a. Motion Capture/Model 2D
Yaitu langkah awal untuk menentukan bentuk model
obyek yang akan dibangun dalam bentuk 3D. Penekanannya adalah obyek berupa
gambar wajah yang sudah dibentuk intensitas warna tiap pixelnya dengan metode
Image Adjustment Brightness/Contrast, Image Color Balance, Layer Multiply, dan
tampilan Convert Mode RGB dan format JPEG. Dalam tahap ini digunakan aplikasi
grafis seperti Adobe Photoshop atau sejenisnya. Dalam tahap ini proses
penentuan obyek 2D memiliki pengertian bahwa obyek 2D yang akan dibentuk
merupakan dasar pemodelan 3D.
Keseluruhan obyek 2D dapat dimasukkan dengan jumlah
lebih dari satu, model yang akan dibentuk sesuai dengan kebutuhan. Tahap
rekayasa hasil obyek 2D dapat dilakukan dengan aplikasi program grafis seperti
Adobe Photoshop dan lain sebagainya, pada tahap pemodelan 3D, pemodelan yang
dimaksud dilakukan secara manual. Dengan basis obyek 2D yang sudah ditentukan
sebagai acuan. Pemodelan obyek 3D memiliki corak yang berbeda dalam
pengolahannya, corak tersebut penekanannya terletak pada bentuk permukaan
obyek.
b. Dasar Metode Modeling 3D
Ada beberapa metode yang digunakan untuk pemodelan
3D. Ada jenis metode pemodelan obyek yang disesuaikan dengan kebutuhannya
seperti dengan nurbs dan polygon ataupun subdivision. Modeling polygon
merupakan bentuk segitiga dan segiempat yang menentukan area dari permukaan
sebuah karakter. Setiap polygon menentukan sebuah bidang datar dengan
meletakkan sebuah jajaran polygon sehingga kita bisa menciptakan bentuk-bentuk
permukaan. Untuk mendapatkan permukaan yang halus, dibutuhkan banyak bidang
polygon. Bila hanya menggunakan sedikit polygon, maka object yang didapat akan
terbagi sejumlah pecahan polygon.
Sedangkan Modeling dengan NURBS (Non-Uniform
Rational Bezier Spline) merupakan metode paling populer untuk membangun sebuah
model organik. Kurva pada Nurbs dapat dibentuk dengan hanya tiga titik saja.
Dibandingkan dengan kurva polygon yang membutuhkan banyak titik (verteks)
metode ini lebih memudahkan untuk dikontrol. Satu titik CV (Control verteks)
dapat mengendalikan satu area untuk proses tekstur.
c. Proses Rendering
Tahap-tahap di atas merupakan urutan yang standar
dalam membentuk sebuah obyek untuk pemodelan, dalam hal ini texturing
sebenarnya bisa dikerjakan overlap dengan modeling, tergantung dari tingkat
kebutuhan. Rendering adalah proses akhir dari keseluruhan proses pemodelan ataupun
animasi komputer. Dalam rendering, semua data-data yang sudah dimasukkan dalam
proses modeling, animasi, texturing, pencahayaan dengan parameter tertentu akan
diterjemahkan dalam sebuah bentuk output. Dalam standard PAL system, resolusi
sebuah render adalah 720 x 576 pixels. Bagian rendering yang sering digunakan:
- Field
Rendering. Field rendering sering digunakan untuk mengurangi strobing
effect yang disebabkan gerakan cepat dari sebuah obyek dalam rendering
video.
- Shader.
Shader adalah sebuah tambahan yang digunakan dalam 3D software tertentu
dalam proses special rendering. Biasanya shader diperlukan untuk memenuhi
kebutuhan special effect tertentu seperti lighting effects, atmosphere,
fog dan sebagainya.
d. Texturing
Proses texturing ini untuk menentukan karakterisik
sebuah materi obyek dari segi tekstur. Untuk materi sebuah object bisa
digunakan aplikasi properti tertentu seperti reflectivity, transparency, dan
refraction. Texture kemudian bisa digunakan untuk meng-create berbagai variasi
warna pattern, tingkat kehalusan/kekasaran sebuah lapisan object secara lebih
detail.
e. Image dan Display
Merupakan hasil akhir dari keseluruhan proses dari
pemodelan. Biasanya obyek pemodelan yang menjadi output adalah berupa gambar
untuk kebutuhan koreksi pewarnaan, pencahayaan, atau visual effect yang
dimasukkan pada tahap teksturing pemodelan. Output images memiliki Resolusi
tinggi berkisar Full 1280/Screen berupa file dengan JPEG,TIFF, dan lain-lain.
Dalam tahap display, menampilkan sebuah bacth Render, yaitu pemodelan yang
dibangun, dilihat, dijalankan dengan tool animasi. Selanjutnya dianalisa apakah
model yang dibangun sudah sesuai tujuan. Output dari Display ini adalah berupa
*.Avi, dengan Resolusi maksimal Full 1280/Screen dan file *.JPEG.
Rendering merupakan suatu proses akhir dari keseluruhan proses pemodelan ataupun animasi komputer. Di dalam rendering, semua data-data yang sudah dimasukkan dalam proses modeling, animasi, teksturing, pencahayaan dengan parameter tertentu akan diterjemahkan dalam sebuah bentuk output (tampilan akhir pada model dan animasi). Dengan kata lain kita membuat citra yang lebih solid dari model yang dibentuk.
Ada beberapa metode rendering diantaranya :
- Ray
tracing rendering
- Wireframe
rendering
- Hidden
line rendering
- Shaded
rendering
Grafika komputer dapat digunakan mulai dari bidang
seni, sains, bisnis, pendidikan, hiburan dan masih banyak lagi. Berikut ini
adalah bidang aplikasi spesifik dari grafika komputer tersebut :
- GUI
(Graphical User Interface) / Antarmuka pengguna
- Peta
(kartografi)
- Kesehatan
- Perancangan
objek / CAD (Computer Aided Design)
- Sistem
multimedia
- Presentasi
grafik
- Presentasi
saintifik
- Pemrosesan
citra
- Simulasi
Kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan pemodelan
grafik komputer:
1.Pemodelan geometris : menciptakan model
matematika dari objek-objek 2D dan 3D.
2.Rendering : memproduksi citra yang lebih solid
dari model yang telah dibentuk.
3.Animasi : menampilkan kembali tingkah laku objek
bergantung waktu.
Manipulasi Gambar
Translasi
Translasi adalah suatu perpindahan semua titik dari
objek pada suatu jalur lurus sehingga menempati posisi baru.
Jalur yang direprestasikan oleh vektor tersebut
dinamakan translasi atau bisa disebut juga vektor geser
Rotasi
Rotasi adalah mereposisi semua titik dari objek
sepanjang jalur lingkaran dengan pusat pada titik pivot.
Skala
Penskalaan koordinat dimaksud untuk menggandakan
setiap komponen yang ada pada objek secera scalar. Keseragaman penskalaran
berarti skala yang digunakan sama untuk semua komponen objek.
Dilatasi
Adalah suatu transformasi yang mengubah ukuran
(memperbesar atau memperkecil) suatu bangun tetapi tidak mengubah bentuk
bangunnya.
Refleksi
Merupakan suatu transformasi yang mencerminkan
suatu objek.
Software Pembuat Animasi
Untuk membuat beberapa tahap sampai menghasilkan
animasi 3D seperti diatas dibutuhkan software yang mendukung keinginan dari
pembuat animasi, baik itu 2D atau 3D. Dibawah ini adalah beberapa contoh
software yang biasa digunakan dalam pembuatan desain pemodelan grafik 3D.
1. Software Animasi 2 Dimensi: Macromedia Flash,
CoRETAS, Corel R.A.V.E., After Effects, Moho, CreaToon, ToonBoom, Autodesk
Animaton (1990-an) dll
2. Software Animasi 3 Dimensi:Maya, 3D Studio Max, Maxon Cinema 4 D, LightWave, Softlmage, Poser, Motion Builder, Hash Animation Master, Wings 3D, Carrara, Infini-D, Canoma dll.
2. Software Animasi 3 Dimensi:Maya, 3D Studio Max, Maxon Cinema 4 D, LightWave, Softlmage, Poser, Motion Builder, Hash Animation Master, Wings 3D, Carrara, Infini-D, Canoma dll.
Nama : Ivan Muhammad
Rifai
NPM : 53411756
Kelas : 3IA11
No comments:
Post a Comment