Grafik komputer adalah proses
pembuatan gambar dengan komputer dari beberapa bidang seperti fisik, matematik,
artistik dan bahkan struktur abstrak. Pengguna mengendalikan isi, struktur dan
kemunculan objek serta menampilkan citra melalui suatu komponen dasar visual
feedback. Tujuannya adalah agar manusia dan mesin dapat saling berinteraksi
yaitu mesin dapat mengetahui apa yang harus dilakukan dengan memproses masukan
dari si user misal menggunakan lightpen lalu mesin akan menampilkan hasil
proses tersebut kepada user. Grafik komputer adalah ilmu yang sangat cepat
berkembang pada saat ini. Perkembangan ini didukung oleh munculnya
prosesor-proseor komputer yang cepat dan kartu grafik yang semakin canggih dan
hebat.
Dalam perkembangannya grafik
komputer terus mengalamai perkembangan diantaranya adalah sistem grafik
bertujuan khusus yang melibatkan display prosesor dan display list. Selanjutnya
muncul sistem grafis 2 Dimensi yang mana objek hanya memiliki panjang dan lebar
tanpa memiliki ruang yang dikordinatkan melalui sumbu x dan sumbu y. Contohnya
adalah sebuah objek persegi, persegi panjang, segitiga, lingkaran dsb.
Selanjutnya berkembang sistem grafis 3 Dimensi yang mana ini merupakan objek
yang dibangun berdasarkan panjang, lebar dan tinggi dan memilki ruang yang
dikordinatkan melalui sumbu x, sumbu y dan sumbu z sebagai tinggi contohnya
seperti objek kubus, tabung, balok dsb. Konsep 3D ini mampu menghadirkan konsep
lingkungan nyata karena objek yang dihadirkan lebih bersifat realistis di dalam
kehidupan nyata.
Kompenen dasar sistem grafik interaktif :
- Masukan
: mouse, tablet dan stylus, peralatan force feedback, scanner, live video
stream, dll
- Proses
dan Penyimpanan
- Keluaran
: layar, printer berbasis kertas, perekam video, non-linear editor, dll
Elemen-elemen pembentuk grafik :
- Geometri
--> adalah titik yang membentuk garis, dari garis tersebut bisa
dibentuk menjadi suatu objek seperti 2D atau 3D
- Warna
--> adalah spectrum yang terdapat didalam suatu cahaya sempurna (warna
putih). Suata warna ditentukan dari berapa panjang gelombang cahaya
tersebut. Panjang gelombang yang masih didapat ditangkap oleh manusia
adalah sekitar 380-780 nanometer.
- Warna
Primer RGB --> Red, green, blue
- Warna
Primer CYM --> Cyan, yellow, magenta
Manfaat Ilmu Grafik Komputer
- Adalah
proses untuk menciptakan suatu gambar berdasarkan deskripsi obyek maupun
latar belakang yang terkandung pada gambar tersebut.
- Merupakan
teknik untuk membuat gambar obyek sesuai dengan obyek tersebut di alam
nyata (realism).
- Bertujuan
menghasilkan gambar/citra (lebih tepat disebut grafik/picture) dengan
primitif-primitif geometri seperti garis, lingkaran, dsb.
- Primitif-primitif
geometri tersebut memerlukan data deskriptif untuk melukis elemen-elemen
gambar. Data deskriptif : koordinat titik, panjang garis, jari-jari
lingkaran, tebal garis, warna, dsb.
- Grafik
komputer berperan dalam visualisasi dan virtual reality
Contoh Grafik komputer dalam kehidupan sehari – hari :
1.Bidang hiburan,
contoh pada film, grafik komputer menghasilkan
efek animasi yang baik.
2.Bidang Pendidikan,
contoh grafik komputer pada pendidikan digunakan untuk
mempresentasikan objek-objek pada siswa secara nyata, dapat melalui power point
ataupun software lainnya.
3.Computer Art
Contoh Computer art adalah penggunaan komputer grafis
untuk menghasilkan karya-karya seni. Hasil dapat berupa kartun, potret,
foto, layout media cetak, logo, lukisan abstrak, desain interior atau
eksterior, dan lain sebagainya. Contoh: Adobe Photoshop, Corel Painter, GIMP.
4.Video Game
Contoh di Video game adalah permainan yang melibatkan
interaksi dengan user interface untuk menghasilkan umpan balik berupa
visualisasi pada perangkat video. Aplikasi dimulai dari yang
sederhana 2 dimensi, seperti tetris, hingga yang rumit, 3 dimensi, dan memerlukan
resource banyak, seperti game sepakbola Winning Eleven. Dari yang standalone
hingga online network, seperti Ragnarok. Dari PC, console, hingga mobile
devices.
devices.
5.Computer-Aided Design (CAD)
CAD adalah alat bantu berbasis komputer yang digunakan dalam
proses analisis dam desain, khususnya untuk sistem arsitektural dan
engineering. CAD banyak digunakan untuk mendesain bagunan, mobil, pesawat,
komputer, alat-alat elektronik, peralatan rumah
tangga, dan berbagai produk lainnya.
tangga, dan berbagai produk lainnya.
6.Computer-Aided Sofware Engineering (CASE)
CASE mirip dengan CAD tetapi digunakan dalam bidang sofware
engineering. CASE digunakan Dalam memodelkan user requirement, pemodelan
basisdata, workflow dalam proses bisnis, struktur program, dan sebagainya.
Contoh aplikasi: Rational Rose, SyBase Power Designer.
7. Virtual Reality
Virtual Reality adalah lingkungan virtual yang dibuat seakan-akan
begitu nyata di mana user dapat Berinteraksi dengan objek-objek dalam
lingkungan 3 dimensi. Perangkat keras khusus digunakan untuk memberikan efek
pemandangan 3 dimensi. Contoh: aplikasi VR parachute trainer yang digunakan
oleh U.S. Navy untuk latihan terjun payung. Aplikasi ini dapat memberikan
keutungan berupa mengurangi resiko cedera selama latihan, mengurangi biaya
penerbangan, melatih perwira sebelum melakukan terjun payung sesungguhnya.
8. Visualisasi Data
Visualisasi Data adalah teknik membuat image, diagram, atau
animasi untuk Mengkomunikasikan pesan. Visualisasi telah menjadi cara yang
efektif dalam mengkomunikasikan baik data atau ide abstrak maupun nyata sejak
permulaan manusia. Contoh: visualisasi dari struktur protein, strutur suatu
website, visualisasi hasil data mining.
Membuat bendera berkibar dengan aplikasi blender. Langkah
pertama buatlah plane, dengan cara klik shift+a
kemudian pilih Mesh => Plane
Kemudian atur bentuk plane hingga menyerupai bendera dengan
cara klik objek (Object Mode), lalu tekan s+e,
s+y, dan s+z.
Pilih Edit Mode
dengan cara tekan tab, kemudian klik
ctrl+R.
Klik Data: Object Data kemuidan di Vertical Groups buat baru
dengan nama bendera kemudian klik Assign.
Klik tab untuk
kembali lagi ke Object Mode. Klik Physics, pilih cloth lalu centang Pinning dan
dibawahnya pilih group “bendera” yang tadi dibuat.
Untuk menambahkan angin klik shift+a kemudian pilih force
field => wind
Untuk menjalankan agar bendera berkibar klik alt+a
No comments:
Post a Comment